Dalam dunia psikologi mimpi merupakan kejadian alami yang terjadi pada siklus tidur manusia dan mempunyai arti menarik. Kejadian dalam mimpi bukan ramalan atau fenomena mistik.

Hadirnya mimpi pada siklus tidur merupakan hal yang normal terjadi. Pernahkah Kamu terbangun dari lelapnya tidur dan bermimpi suatu hal, lalu Kamu bertanya-tanya apakah mimpi yang Kamu alami barusan punya makna tersirat untuk diri Kamu?.

Tahukah Kamu, faktanya ada sekitar 43% orang Amerika yang percaya bahwa mimpi mereka tidak hanya kejadian ilusi atau kebetulan saja.

Seorang psikoanalisis terkenal bernama sigmund freud mengatakan bahwa mimpi adalah “Royal Road” atau Jalan Kerajaan menuju alam bawah sadar. Dengan mengetahui arti dari mimpi maka seseorang bisa mengetahui keinginan atau pesan tersirat.

Pada umumnya setiap malam manusia akan mengalami sekitar lima periode mimpi. Biasanya itu berlangsung antara 15 hingga 40 menit. Pakar mimpi menyebutkan bahwa mimpi merupakan cerminan dari berbagai perilaku manusia. Mimpi mencerminkan siapa diri kita, apa yang kita yakini dan apa yang sebenarnya kita butuhkan.

Arti mimpi dalam psikologi bukanlah seperti hitam dan putih, akan tetapi mempunyai makna yang jauh lebih luas dan bisa dijelaskan secara metaforis. Menganalisis arti mimpi dengan tepat bisa menjadi tambahan hiburan dan refleksi diri.

Terlepas dari apakah mimpi mempunyai makna atau tidak, para analis dan penafsir mimpi sudah menciptakan berbagai kamus mimpi untuk membantu memahami makna dari mimpi yang umumnya dialami manusia.

Pada artikel ini kita akan mempelajari sembilan mimpi umum dan artinya menurut psikologi.

1. Jatuh (Falling)

Gambar Ilustrasi Pria Sedang Terjatuh

Pernahkah Kamu mimpi terjatuh lalu kemudian tiba-tiba Kamu terbangun dari tidur?. Ada dua jenis makna dari mimpi jatuh yaitu rasa takut (cemas) dan perasaan bahagia.

Ketika Kamu mimpi terjatuh dari atas kebawah lalu diiringi dengan perasaan takut maka itu berarti kamu sedang dalam situasi cemas atau tidak aman. Bisa saja Kamu merasa gagal saat melakukan sesuatu hal dalam hidup Kamu. Atau Kamu merasa tidak puas dengan pencapaian yang Kamu miliki saat ini.

Secara psikologi mimpi jatuh bisa juga memiliki arti bahwa Kamu sedang dalam fase kehilangan kendali atas berbagai aspek kehidupan. Alhasil apa yang Kamu harapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang Kamu dapatkan.

Tidak hanya itu, mimpi jatuh juga bisa menandakan bahwa Kamu sedang kehilangan dukungan atau tanda Kamu perlu menurunkan ego dan menjadi lebih rendah diri.

Tidak semua mimpi jatuh selalu bermakna buruk. Apabila Kamu bermimpi jatuh bebas dengan perasaan bahagia maka itu menunjukkan bahwa sebenarnya Kamu tidak takut pada perubahan. Selain itu bisa jadi mimpi jatuh tersebut menyiratkan bahwa Kamu bisa menjalani hidup dengan bahagia.

2. Tidak Berbusana

Pernahkah Kamu mengalami mimpi yang memalukan, dimana Kamu datang ke sekolah atau tempat kerja menggunakan pakaian yang tidak seharusnya, misalnya pakaian renang. Atau bahkan Kamu bermimpi sedang berjalan di jalan raya dan sadar bahwa ternyata Kamu lupa tidak mengenakan pakaian, baik celana/baju maupun keduanya.

Mengalami mimpi telanjang didepan umum bisa membuat Kamu menjadi merasa sangat malu dan hina. Mimpi tersebut mengisyaratkan bahwa Kamu sedang merasa takut orang lain mengetahui siapa diri Kamu yang sebenarnya. Ini bisa terjadi karena mungkin faktanya Kamu memang sedang menutupi sifat atau karakter asli Kamu. Oleh karena itu Kamu takut jika suatu saat semua orang mengetahuinya.

Selain itu, mimpi telanjang juga bisa bermakna bahwa Kamu sedang berjuang menemukan jati diri atau merasa semua orang salah memahami Kamu.

Sebagian pakar mimpi setuju bahwa jenis mimpi ini melambangkan rasa cemas atau rentan. Bisa jadi Kamu berada dalam situasi cemas.

Pandangan lain menyebutkan bahwa bisa jadi Kamu merasa nyaman dengan fisik Kamu saat ini dan sedang tidak menyembunyikan apapun. Ini menunjukan bahwa Kamu mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dan membiarkan dunia memahami Kamu dengan apa adanya.

3. Sekarat (Kematian)

Bermimpi tentang kematian diri sendiri atau orang yang dicintai merupakan pengalaman yang sangat menakutkan. Akan tetapi tidak semua mimpi seperti itu bermakna buruk.

Sebaliknya, bisa jadi mimpi tersebut mengisyaratkan seseorang untuk memulai hidup baru yang lebih baik. Selain itu mimpi itu juga bisa mencerminkan rasa takut dan cemas yang Kamu alami terhadap perubahan atau suatu kejadian yang tidak Kamu ketahui bagaimana akhirnya.

Sama seperti halnya kematian, perubahan juga bisa dianggap menakutkan karena Kamu tidak tahu apa yang akan terjadi dibalik perubahan itu. Alhasil pikiran Kamu akan membawa alam sadar mimpi untuk menyesuaikannya dengan suasana kematian.

Oleh karena itu, bermimpi tentang kematian orang yang kita cintai bisa menjadi tanda rasa takut akan perubahan. Misalnya: pertumbuhan anak menjadi dewasa dan lain sebagainya.

Jadi, arti dari mimpi kematian bisa mencerminkan perasaan duka cita atas berlalunya kejadian yang tidak bisa Kamu hindari. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang bermimpi kematian (diri sendiri/orang lain) bisa memberikan makna khusus seperti salam perpisahan.

4. Kehilangan Gigi

Gambar Ilustrasi Pria Sedang Sakit Gigi 1

Ada banyak pandangan psikologi berbeda tentang arti mimpi ini. Gigi bisa menjadi simbol kekuatan dan kemudaan.

Kehilangan gigi adalah salah satu pengalaman paling umum dari bertambahnya usia. Hilangnya gigi bisa menunjukkan bahwa Kamu takut menjadi tua dan kehilangan masa muda.

Mimpi-mimpi ini mungkin juga mencerminkan kecemasan Kamu tentang penampilan dan bagaimana orang lain memandang diri Kamu karena memperlihatkan gigi atau tersenyum adalah bagian penting dari cara kita menampilkan diri kepada orang lain.

Saat Kamu bermimpi kehilangan gigi bisa juga berarti bahwa Kamu sedang kehilangan kekuatan dan ketertarikan dalam interaksi sosial. Atau Kamu sedang merasa kesulitan berkomunikasi dengan orang lain.

Biasanya mimpi ini juga bisa berasal dari rasa takut gagal, merasa tidak menarik, atau malu. Penafsiran lain meyebutkan bahwa gigi juga bisa menjadi pertanda buruk seperti hubungan yang rusak.

Pada wanita mimpi kehilangan gigi juga bisa bermakna keinginan ingin hamil. Bagi pria mimpi ini bisa berarti keinginan untuk melakukan aktivitas seksual.

Jika Kamu bermimpi kehilangan gigi namun justru merasa lega karena tidak lagi merasa sakit gigi maka bisa jadi mimpi tersebut punya makna baik. Misalnya permasalahan yang ada di hidup Kamu akan segera selesai dan lain sebagainya.

5. Terbang

Ada banyak orang yang pernah bermimpi bisa terbang atau sedang terbang. Atau bermimpi bisa terbang bebas di langit. Mimpiterbang sering diartikan sebagai simbol kebebasan/kemerdekaan. Akan tetapi bisa jadi juga mimpi ini mengisyaratkan Kamu untuk mempunyai pandangan yang luas tentang dunia.

Mimpi ini bisa mendorong seseorang untuk menemukan solusi atas masalah yang terjadi. Terbang juga bisa menjadi tanda bahwa Kamu perlu waspada terhadap situasi yang tidak terkendali.

Apabila Kamu bermimpi sulit untuk terbang maka itu munjukkan bahwa ada sesuatu yang menghalangi Kamu untuk melangkah. Jika Kamu tidak bisa terbang maka itu menandakan bahwa Kamu mungki sedang berjuang untuk mencapai tujuan tinggi yang sedang ingin Kamu raih.

Demikian juga jika Kamu merasa sendirian dan berusaha keras untuk terbang berarti Kamu sedang dalam fase kurang percaya diri.

6. Melarikan Diri (Dikejar)

llustrasi-Orang-Berjalan-Menggunakan-Sepatu

Melarikan diri dari sesuatu bisa menandakan bahwa Kamu mencoba menghindari sesuatu yang bisa membuat Kamu cemas atau takut.

Secara simbolis, melarikan diri bisa menunjukkan bahwa ada sesuatu yang ingin menyusul Kamu. Sering juga ini berkaitan dengan perasaan yang kurang Kamu perhatikan, misalnya trauma atau peristiwa yang membuat Kamu setres.

Sebagian besar psikolog mimpi mengatakan bahwa apa yang mengejar Kamu dalam mimpi bisa jadi dimaknai dengan masalah yang sangat ingin Kamu hindari. Sedangkan berlari dalam mimpi bisa diartikan sebagai cara Kamu mengatasi berbagai masalah yang terjadi dan membuat Kamu cemas.

Apabila Kamu cenderung melarikan diri dari masalah maka bisa saja Kamu akan mengalami mimpi dikejar secara berulang kali. Sehingga mimpi ini bisa berhenti jika Kamu sudah menemukan solusi atas masalah kehidupan yang sedang Kamu alami.

7. Mimpi Kecelakaan (Tabrakan)

Pernahkah Kamu bermimpi sedang mengendari kendaran lalu mengalami tabrakan atau kecelakaan?. Jika iya maka ada beberapa makna yang mungkin saja tersirat didalamnya.

Contohnya jika Kamu mengalami kecelakaan mobil dalam mimpi Kamu. Mobil disini bisa diartikan sebagai simbol dorongan atau motivasi dalam hidup. Jika Kamu bermimpi mengendarai mobil lalu hilang kendali kemudian kecelakaan maka mungkin Kamu merasa bahwa sebenarnya Kamu sudah keluar jalur menuju jalan kesuksesan dan perlu kembali ke jalan yang benar.

Mungkin makna mimpi tersebut terlihat klise akan tetapi itu bisa memberikan Kamu semacam sinyal bahwa kebiasaan burukmu saat ini bisa menjadi masalah jangka panjang. Alhasil jika Kamu bermimpi kehilangan kendali atas kendaraan yang sedang Kamu kemudikan maka itu berarti Kamu perlu kembali ke jalan yang benar dan mulai fokus.

8. Mimpi Ujian

Gambar Ilustrasi Pria Sedang Menulis Diatas Kertas Menggunakan Pulpen

Mengalami mimpi sedang menjalani ujian merupakan mimpi buruk yang cukup menakutkan. Merasa tidak siap menghadapi ujian dalam mimpi biasanya dikaitkan dengan keadaan hidup penuh tekanan atau stres.

Jenis mimpi ini bisa mencerminkan bahwa Kamu ada fase kurangnya kepercayaan diri dan tidak mampu untuk menghadapi ujian dalam hidup.

Mengikuti ujian dalam mimpi bisa mengisyaratkan bahwa Kamu takut akan kegagalan dalam hidup. Faktanya, 1 dari 5 orang pernah mengalami mimpi ujian. Seseorang yang perfeksionis cenderung mengalami mimpi ini secara berulang kali dan bisa menyebabkan stres.

Mimpi ujian bisa mengingatkan seseorang untuk selalu waspada. Ujian merupakan salah satu pengalaman mengerikan yang harus dihadapi. Mimpi gagal ujian atau tidak siap untuk ujian bisa menunjukkan bahwa Kamu merasa tidak siap menghadapi tantangan hidup.

9. Terlambat

Arti mimpi dalam psikologi yang terakhir yaitu mimpi terlambat. Mimpi terlambat mewakili rasa cemas dan kekhawatiran kita tentang pengambilan arah yang berbeda dalam hidup.

Ini juga bisa berarti bahwa Kamu merasa kehabisan waktu untuk bisa mencapai sesuatu yang ingin dilakukan. Namun alam bawah sadar Kamu memberi isyarat bahwa sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk bisa mencapai hal yang Kamu inginkan tersebut. Teruslah mencoba dan lakukanlah yang terbaik, namun jangan buat janji yang tidak bisa Kamu tepati.

Demikian tafsir arti mimpi umum menurut psikologi dan penjelasan lengkapnya. Pahamilah bahwa mimpi mempunyai arti yang sangat luas. Memahami mimpi umum serta artinya bisa menjadi referensi tambahan untuk Kamu.

Sumber: Common Dreams and What They Supposedly Mean

Bagikan:
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x