Pengertian pengembangan diri (self development) adalah suatu proses meningkatkan potensi diri melalui berbagai usaha dan aktivitas secara sadar dan terencana.

Setiap orang mempunyai potensi yang berbeda-beda antara satu sama lainnya, sehingga pengembangan diri menjadi sangat penting untuk bisa mengoptimalkan potensi tersebut.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai pengembangan diri secara lebih mendalam, termasuk cara-cara untuk meningkatkan potensi diri serta manfaat yang bisa kita dapatkan darinya.

Pengertian Self-Delopment

Pengembangan diri atau Self-Development adalah suatu proses yang seseorang lakukan untuk meningkatkan kemampuan diri dalam berbagai aspek kehidupan.

Pengertian pengembangan diri tidak hanya meliputi aspek akademik, tetapi juga meliputi aspek lainnya seperti emosional, sosial, dan spiritual.

Dalam pengembangan diri, setiap individu bisa mengoptimalkan potensi yang mereka miliki. Selain itu dengan menjadi versi terbaik diri sendiri bisa membantu meningkatkan kualitas hidup masing-masing individu.

Setiap individu bisa mencapai potensi terbaik dari diri sendiri. Caranya ialah dengan mengoptimalkan kemampuan fisik, mental, emosional dan spiritual yang mereka miliki.

Kita bisa mengembangkan kemampuan diri melalui pembelajaran, pengalaman dan refleksi. Tujuannya ialah untuk meningkatkan kualitas hidup.

Proses pengembangan diri berlangsung seumur hidup manusia, didalamnya berkaitan dengan beberapa aspek kehidupan seperti kecerdasan emosional, fisik dan mental, hubungan sosial dan karir.

Manfaat Pengembangan Diri

Manfaat Pengembangan Diri

Saat berbicara mengenai pengertian pengembangan diri itu berarti kita sedang berbicara tentang cara investasi terbaik untuk diri sendiri. Oleh karena itu kita punya power dalam mengelola diri untuk menjadi versi terbaik dari diri kita.

Pengembangan diri memungkinkan Kamu untuk menjadi lebih aktif dari sebelumnya, sehingga Kamu bisa mewujudkan sendiri berbagai hal baik dalam hidup Kamu.

Perlu Kamu pahami bahwa tidak semua hal yang kita inginkan selalu bisa tercapai. Akan tetapi dengan mengembangkan diri maka setidaknya Kamu sudah bisa membuktikan bahwa diri Kamu punya value (nilai).

Untuk lebih meningkatkan komitmen dalam mengembangkan diri, Kamu bisa memahami manfaat pengembangan diri berikut ini:

1. Kesadaran Diri (Self-Awareness)

Manfaat pengembangan diri yang pertama adalah mampu membuat Kamu menjadi lebih sadar diri untuk mengenali siapa diri Kamu sebenarnya. Tidak hanya itu saja, Kamu juga akan memahami nilai-nilai diri kamu, keyakinan, hingga apa tujuan yang ingin Kamu kejar dalam hidup.

Jika Kamu sudah mengenal diri kamu dengan baik maka sudah pasti kamu tidak akan mengejar sesuatu yang bukan menjadi impianmu.

Singkatnya, apabila Kamu ingin mendapatkan kebahagiaan sejati maka Kamu perlu untuk menentukan tujuan hidup dengan baik. Kemudian buatlah target dan langkah terbaik yang akan kamu lakukan untuk bisa mencapai tujuan hidup kamu.

Dengan mempunyai kesadaran diri (self-awareness) maka setidaknya kamu sudah selangkah lebih awal untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

2. Meningkatkan Fokus dan Efektifitas

Dengan pengembangan diri, kamu akan mempunyai arah dan tujuan hidup yang jelas. Dengan mempunyai arah hidup yang jelas maka akan ada banyak sekali tugas dan target yang harus kamu capai.

Saat diri kamu mengalami peningkatan perkembangan diri yang lebih baik maka kamu akan lebih mudah untuk menentukan setiap prioritas di hidup kamu.

Mengutip dari ncchomelearning.co.uk: pengembangan diri adalah tentang proses memperbaiki diri sendiri dengan menetapkan sendiri target yang ingin kamu capai dan kerangka waktu untuk mencapainya. (Focus On Personal Development).

Saat diri kamu sudah semakin berkembang maka kamu akan lebih mudah mengidentifikasi tugas atau tindakan apa yang sebaiknya lebih dahulu kamu lakukan. Atau setidaknya kamu bisa menentukan tugas maka yang bisa mendatangkan hasil terbaik sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

3. Punya Arah Hidup yang Jelas

Setelah kamu meningkatkan kesadaran diri (self-awareness), maka kamu akan merasakan tujuan dan arah hidup kamu menjadi lebih jelas.

Mempunyai arah hidup yang jelas tentunya akan memudahkan kamu untuk mengambil keputusan dengan jauh lebih mudah.

Singkatnya, tugas yang biasanya menghabiskan banyak waktu kamu akan jauh lebih cepat terselesaikan karena kamu punya arah penyeleasaian yang jelas.

Tidak hanya itu, dengan punya arah tujuan yang jelas kamu akan punya komitmen yang lebih kuat untuk mewujudkan impian kamu tanpa campur tangan pemikiran orang lain. Oleh karena itu kamu akan menjadi pribadi yang tegar dan fokus saat melakukan segala hal.

4. Lebih Tegar dan Kuat

Setiap manusia pastinya pernah, sedang atau akan mengalami yang namanya masa-masa sulit (ujian) dalam hidup.

Pada saat masa sulit ini sedang terjadi maka untuk menghadapinya kamu perlu punya cara terbaik untuk bisa menyelesaikannya.

Pengembangan diri memang tidak bisa mencegah datangnya ujian dalam hidup kamu. Akan tetapi pengembangan diri bisa membantu kamu untuk menghadapi berbagai ujian hidup.

Hal ini bisa terjadi karena pengembangan diri akan memberikan kamu rasa kepercayaan diri yang tinggi, ketahanan, keterampilan, dan kemampuan penyelesaian masalah (problem solving) untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

5. Punya Motivasi yang Kuat

Saat kamu tahu apa yang hendak kamu capai, maka kamu akan lebih mudah untuk melihat keadaan dan mengambil tindakan yang tepat.

Walaupun suatu saat kamu mengalami masalah saat sedang berjuang, mental kamu tidak akan mudah down (jatuh). Hal ini karena diri kamu sudah semakin berkembang untuk melihat manfaat dan hikmah dari setiap yang terjadi.

Saat kamu selalu melihat sisi positif dari setiap musibah yang kamu alami maka kamu akan jauh lebih termotivasi untuk menjadi versi terbaik dari diri kamu.

Bagi Kamu yang ingin mengurangi emosi negatif dan memaksimalkan emosi positif untuk bisa mengontrol diri dengan baik, maka kamu bisa mempelajari teori stokisme pada artikel berikut: Memahami Konsep Stokisme untuk Hidup yang Lebih Baik.

Ada pepatah lama yang bunyinya: “Where There’s a Will, There’s a Way“, yang artinya “Dimana ada kemauan, disitu ada jalan”.

Oleh karena itu, dengan pengembangan diri yang kuat maka kamu akan mampu untuk mengembangkan kemauan (dalam hal ini motivasi).

Tips Pengembangan Diri Terbaik

Tips Pengembangan Diri Terbaik untuk Self Development

Setelah memahami pengertian dan manfaat dari pengembangan diri, saatnya kita mulai memahami tips bagaimana mengembangkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Berikut tips pengembangan diri terbaik yang bisa Kamu lakukan menurut BerkeleyWellBeing.com:

1. Mengembangkan Pola Pikir (Mindset)

Jika kita mempunyai pola pikir atau mindset yang tetap dan tidak berkembang maka besar kemungkinan kita akan menghindari setiap tantangan dan masalah yang datang. Hal tersebut bisa terjadi karena kita merasa malu atau tidak percaya diri bisa menghadapi semuanya.

Ketakutan dan ketidak percayaan diri bisa terjadi karena pola pikir kita yang stagnan (diam ditempat). Oleh karena itu penting sekali untuk kita menjadi pribadi yang terbuka (open minded) terhadap berbagai perubahan dan hal baru.

Dengan menjadi open minded, kita bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan berbagai masalah yang datang. Selain itu kita juga akan lebih percaya diri untuk menghadapi pengalaman dan tantangan baru dalam hidup. Salah satu tujuannya adalah untuk menciptakan kebahagiaan hidup dan mewujudkan impian kita.

Singkatnya, jika kita mempunyai pola pikir yang berkembang, maka kita akan menikmati setiap resiko dan ujian yang datang. Alhasil kita bisa lebih menghargai proses dan mengambil pelajaran dari semua ujian yang datang. Ini bisa membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik.

2. Kembangkan Pola Pikir Pengusaha (Enterprenuer)

Setiap orang yang belajar bagaimana caranya menjadi seorang entrepreneur akan mendapatkan banyak sekali manfaat dalam hidupnya. Ini bisa kamu lakukan walaupun kamu belum mempunyai usaha sekalipun.

Mengapa?, karena seorang pengusaha dituntut untuk menjadi pribadi yang inovatif, terampil, dan mampu membuat orang lain percaya terhadap visi, misi dan impiannya. Selain itu, pola pikir pengusaha akan membantu kamu untuk bisa beradaptasi dan berkembang dalam berbagai situasi dan kondisi.

Dengan memahami caranya beriwarausaha maka secara tidak langsung kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan kualitas diri. Mau nantinya kamu jadi pengusaha atau tidak, setidaknya kamu sudah punya pola pikir yang berkembang.

3. Tenangkan Diri dan Hilangkan Stres

Tingkat stres yang tinggi pada diri kamu tidak hanya bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan dan kedamaian perasaan Kamu. Akan tetapi setres bisa menjadi hambatan kamu dalam mengejar dan menggapai cita-cita dan tujuan hidup.

Selain itu, setres dan perasaan tidak tenang juga bisa secara efektif mencegah diri kamu untuk berkembang.

Dengan memahami dan menerapkan strategi efektif untuk mengurangi setres pada tubuh dan pikiran, maka diri kamu akan menjadi jauh lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan dan rintangan dalam hidup.

Kamu bisa mulai berdamai dengan masa lalu dan semua masalah kamu sekarang. Setelah itu mulailah untuk membangun pikiran positif terhadap semua rintangan yang kamu hadapi saat ini. Untuk membantu kamu lebih tegar dalam melihat berbagai situasi mungkin kamu perlu memahami konsep pengendalian emosi negatif dengan memahami stoikisme.

Pastinya ini pada saat bersamaan, kamu juga sudah siap untuk mengelola diri untuk menjadi semakin lebih baik kedepannya.

4. Jagalah Kesehatan dengan Baik

Menjaga kesehatan merupakan faktor yang sangat penting untuk membantu meningkatkan pengembangan diri kamu.

Ada kalimat sarat makna yang pernah dipopulerkan oleh pimpinan liverpool Inggris pada tahun 1861 Masehi, bunyinya yaitu:

Mens Sana In Corpore Sano
(Didalam Tubuh yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Kuat)

Jhon Hulley

Singkatnya adalah jika fisik kamu dalam kondisi yang sehat dan bugar maka pastinya jiwa kamu juga akan menjadi kuat.

Jiwa yang kuat dan tegar merupakan hal krusial dan penting dimiliki oleh setiap individu yang ingin dirinya semakin berkembang dan sukses. Oleh karena itu jagalah selalu kesehatan tubuh kamu untuk bisa semakin bertumbuh dan menggapai semua tujuan hidupmu.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengembangan diri mulai dari pengertian, manfaat dan tips untuk meningkatkan kualitas diri. See you in the next psychology article!

Bagikan:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x